Share

Sosialisasi polmas dengan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA)

BIDHUMAS PMJ – Bekasi, Kamis (21/01/2016)

Polres Kota Bekasi dan Polres Kabupaten Bekasi melakukan rapat kordinasi dengan Kepolisian Japan Internasional Cooperation Agency (JICA). Polmas di Polres Kota Bekasi merupakan pilot project polisi masyarakat JICA.

Kasubdit Binpolmas Dit Bimas Baharkam Mabes Polri, Kombes Pol M. Elia mengatakan bahwa, program Polmas dilaksanakan Polres Kota Bekasi sangat efektif dalam memberikan rasa aman di dalam masyarakat Bekasi. Bahkan kata dia, kini wilayah Kota Bekasi menjadi relative aman dari gangguan Kantibmas.

“Dengan adanya Polmas ini, hubungan polisi dengan masyarakat semakin dekat,” ucapnya usai melakukan rapat kordinasi antara dua Polres di Bekasi,

Menurut Kombes Pol M. Elia dengan kerjasama yang dilakukan antara Polres Kota Bekasi dengan JICA kurang lebih sudah 12 tahun, selama ini mendapat tambahan pengetahuan mengenai bidang bimbingan masyarakat yang diterapkan, sehingga Polres Kota Bekasi menjadi salah satu Polres untuk pilot project oleh JICA.

“Polmas dibentuk mengadopsi dari negara – negara yang sudah memiliki Polisi modern. Di Indonesia mengenai perpolisian masyarakat diatur dalam undang – undang No.3 tahun 2015. Dengan adanya Polmas, kami mengajak masyarakat dan polisi agar semakin modern,” ungkap Kasubdit Binpolmas Dit Bimas Baharkam Mabes Polri

Polmas dibentuk di Kota dan Kabupaten yang masih memiliki Desa atau Kelurahan, sehingga JICA menggandeng Polres Kota Bekasi dan Polres Kabupaten Bekasi.

Tugas kepolisian yang dikedepankan adalah Preemtif, Preventif dan Reprensif. Dalam keamanan wilayah, pasti ujungnya dibutuhkan Babinkamtibmas yang disinergikan melalui 3 pilar.

“selanjutnya untuk keamanan di masyarakat, Polmas kedepan adalah door to door sistem (DDS) ke masyarakat sehingga manfaat Polmas banyak sekali. Sementara untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat polisi modern nantinya lebih dikedepankan salam, sapa dan senyum. Sehingga segala permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat harus selangkah lebih maju dalam mencari data dan fakta,” tambah Kombes Pol M. Elia

Sementara itu, menanggapi bulan Polmas yang jatuh pada Februari mendatang, kata dia, untuk di wilayah hukum Polres Kota Bekasi sudah yang ke 4 kalinya, dan kebetulan Polmas Polres Kota Bekasi memang sudah mumpuni.

“Sarana dan prasarana Polres Kota Bekasi sudah mencukupi dengan kerjasama bareng JICA. Bahkan, Polmas dari Polres Kota Bekasi sudah sering menjadi instruktur bagi Polda dan Polres di Kota – kota lainnya selain Polda Metro Jaya,” beber Kasubdit Binpolmas Dit Bimas Baharkam Mabes Polri

Sementara itu, Sasaki dari Kepolisian Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) mengatakan bahwa, pihaknya sangat senang dapat bekerjasama dengan Polres Kota Bekasi bersama – sama. Namun, kali ini ada yang berbeda dalam rapat koordinasi antar aparat kepolisian dibawah Polda Metro Jaya, pasalnya kata dia, dua polres menjadi satu dalam rapat kordinasi untuk membahas Polmas. Polres Kota Bekasi secara nasional ditunjuk menjadi pilot project dan diperlukan pengasahan secara nasional dalam bulan Polmas yang jatuh pada Februari mendatang.

“selama ditunjuk menjadi pilot project, Polres Kota Bekasi sudah menunjukan peningkatan signifikan, sehingga dalam kurun waktu 12 tahun kebelakang banyak yang sudah diberikan Polmas Polres Kota Bekasi kepada Polda – polda lainnya. Selanjutnya setelah Polres Kota Bekasi akan menyusul 12 pilot project lainnya dari JICA  yang sudah menanti,” ucapnya.

Lebih lanjut Sasaki mengatakan bahwa, hari ini semua yang terkait dikumpulkan di Aula Mapolres Kota Bekasi, jadi kita berharap para hadirin dari dua Polres yaitu Polres Kota Bekasi dan Polres Kabupaten Bekasi  yang sudah mengembangkan Polmas yang sudah menunjukan kualitas dan diakui oleh Polda lain, walau diakui masih ada sedikit kekurangan. Dalam bulan Polmas yang akan datang, kata dia, kekurangan – kekurangan bisa kita tingkatkan di dua Polres yang menjadi model nasional.

“Dua poin setidaknya yang akan ditingkatkan, antaralain adalah, kita akan mencoba melakukan penerapan penggunaan blanko penerimaan awal informasi dari masyarakat. Dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya juga sudah menyetuji ini sebagai uji coba dan mengharapkan hasil baik yang didapat. Untuk detailnya akan kita sampaikan kepada kedua Polres. Selanjutnya adalah pengembangan kegiatan Polmas dalam beberapa kegiatan tambahan dalam sistem pengendalian Polmas. Kita ingin mencoba satu sistem kinerja para petugas di lapangan, seperti di Polsek – Polsek dan sekaligus penilaian.”

Leave a Comment