Share

Polres Tangsel Tangkap Polisi Gadungan

BIDHUMAS PMJ – SELASA (05/01/2016)

Tangerang Selatan – Kepolisian Resor Tangerang Selatan menangkap pelaku penggelapan dengan modus mengaku sebagai polisi pada 29 Desember 2015. Pelaku yang ditangkap mengaku bertugas di Polres Bogor. Pelaku bernama Dedi Gunawan ini mengaku sebagai polisi dengan pangkat inspektur satu dan berdinas di Polres Bogor.

“Menurut keterangan pelapor, yang juga istri siri pelaku, si pelaku telah meminjam kendaraan Suzuki Ertiga dan uang sebesar Rp 100 juta,” ujar Kepala Polres Tangerang Selatan Ajun Komisaris Besar Polisi Ayi Supardan.

Menurut AKBP Ayi, setelah meminjam kendaraan dan uang, pelaku tidak pernah kembali ke istri sirinya. Kemudian si istri siri mencari keberadaan suaminya tersebut ke Polres Bogor. Ternyata suami yang dicari tidak ketemu dan tidak bertugas di polres yang dimaksud.

“Dari hasil pencarian yang dilakukan anggota Reskrim, pelaku ditangkap di daerah Cikutra, Bandung. Pelaku bersembunyi di sebuah rumah kos milik kerabatnya. Kemudian tim Reskrim meringkus pelaku,” tutur Kapolres.

Setelah menangkap pelaku, ujar AKBP Ayi, anggota Reskrim memeriksa rumah kos yang ditinggali pelaku. Walhasil, petugas menemukan 1 borgol, 1 senjata api mainan, serta pakaian dinas lengkap polisi berpangkat inspektur satu.

“Pelaku kami bawa ke Polres Tangsel guna penyelidikan lebih lanjut. Mobil Suzuki Ertiga milik pelapor sudah dijual pelaku untuk kebutuhan sehari-hari. Dia dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun,” ucap Kapolres.

Dedi Gunawan mengaku melakukan perbuatannya sebanyak empat kali dengan modus yang sama, yaitu berpura-pura menjadi polisi. “Setiap menipu, saya berpura-pura jadi polisi dan mobil yang saya gunakan ini milik mertua dan sudah saya jual,” katanya.

Leave a Comment