Share

Polisi Sukses Jebak Dua Pencuri Burung

BIDHUMAS PMJ – Depok, Minggu (3/1/2016)

Dua pencuri burung berhasil diringkus anggota Polsek Sawangan, Depok. Setelah sebelumnya petugas melakukan pengejaran dengan cara menjebak pelaku di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
Kapolresta Depok Kombes Pol. Dwiyono mengatakan, berkat kerja keras anggota reskrim yang dipimpin oleh Kapolsek Sawangan Kompol. Nurhayati dengan tiga anggota kedua pelaku berhasil ditangkap.

Kapolresta Depok mengatakan, penangkapan dilakukan terhadap IM (28), dan LH (25), setelah polisi melakukan pengecekan terhadap kepemilikan kendaraan yang digunakannya keduanya untuk mencuri. Saat melakukan aksinya kedua pelaku menggunakan motor Honda Scoppy biru milik temannya SH.

“Hasil penyelidikan dan keterangan saksi, pelaku ditangkap petugas di lokasi rumah temen yang motornya sedang dipinjam, pelaku dipancing di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kedua pelaku yang masih teman ini dengan mudah ditangkap petugas tanpa perlawanan,” ujarnya didampingi Kapolsek Sawangan Kompol Nurhayati.

“Pada saat kejadian pelaku membuang kandang burung setelah berjarak 500 meter sewaktu dikejar sama korbannya. Burung yang dicuri langsung dijual pelaku dan hasil penjualan mencapai Rp. 300.000 yang digunakan untuk jajan dan makan” ungkapnya.

Modus pelaku sebelum beraksi, terlebih dahulu keliling mencari target sasaran dalam keadaan pintu rumah terbuka. “Motor yang digunakan pelaku merupakan pinjamannya dari temannya. Setelah kita mengintrogasi temannya langsung, kita mengetahui keberadaan pelaku ditangkap dengan cara dipancing” tambah Kapolresta Depok

Alasan pelaku meminjam motor temennya tersebut adalah untuk menjemput teman wanita yang baru kenalan dari Facebook di Sawangan. “Motor bukan digunakan untuk jemput wanita tersebut, malah dimanfaatkan untuk mencuri burung” tutup Kombes Pol. Dwiyono.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman diatas 7 tahun.

Leave a Comment