Share

Pembuat Paspor Dinas Palsu Ditangkap Unit IV Subdit Cyber Crime PMJ

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Senin (21/12/2015).

Dit Reskrimsus, Polda Metro Jaya unit IV Subdit Cybercrime, dibawah pimpinan Direktur Reskrimsus PMJ Kombes Pol Drs. Mujiyono, SH, M.Hum, telah menangkap tersangka pembuat paspor dinas palsu berdasarkan laporan dari masyarakat pada tanggal 8 Oktober 2015, Polisi berhasil melakukan penangkapan terhadap 3 (tiga) orang oknum PNS yang diduga melakukan tindak pidana pemalsuan rekomendasi Paspor Dinas yang dikeluarkan oleh Konsuler Kementrian Luar Negeri RI.

Identitas Tersangka yang di amankan polisi TSK1 adalah NM (54thn), TSK2 adalah EP (36thn), dan TSK3 adalah AS (45thn) adapun modus operandi yang dilakukan adalah, TSK1 menerima permintaan dari seseorang (inisial SUK oknum anggota TNI berpangkat Kopral yang masih buron) untuk meminta membuatkan paspor dinas atas nama MW dan HY yang mana kedua nama tersebut bukanlah Pegawai Negeri Sipil. Kemudian TSK 1 menyanggupi untuk membuatkan paspor dinas.

Setelah itu, TSK 1 meminta bantuan TSK 3 untuk membuatkan paspor dinas atas nama tersebut. Selanjutnya oleh TSK 3, dokumen serta syarat-syarat pengajuan untuk paspor dinas dipalsukan dari KTP, Kartu Pegawai Negeri, Surat undangan dari Negara yang dituju, Surat permohonan paspor dinas dan exit permit. Setelah paspor dinas atas nama MW dan HY tersebut terbit, TSK 1 menyuruh TSK 2 untuk membuat visa Amerika Serikat, selanjutnya oleh TSK 2 dokumen untuk pengajuan visa tersebut dipalsukan. Dari keterangan TSK 1, TSK 1 memberikan uang sebanyak Rp 6 Jt kepada TSK 3 untuk pengurusan paspor dinas, dan memberikan Rp 5 Jt kepada TSK 2 untuk pengurusan visa Amerika Serikat.

Pasal yang disangkakan kepada ketiga tersangka adalah dugaan tindak pidana pemalsuan surat / akta dan atau menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta authentik dan atau tindak pidana bidang keimigrasian sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP dan atau pasal 264 KUHP dan atau pasal 266 KUHP dengan ancaman penjara 6 tahun dan 7 tahun, paling lama 8 tahun.

Barang bukti yang disita antara lain sebagai berikut :
– Paspor dinas atas nama MW dan HY
– Foto Copy KTP dan Kartu Pegawai Palsu
– Exit Permit palsu
– Nota Diplomatik (sov)

Leave a Comment