Share

Pemasluan Paspor Dinas

BIDHUMAS PMJ – Kamis (07/01/2016).

Subdit Cybercrime, Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya melakukan penangkapan terhadap 3 orang PNS an N, EP dan AS yang diduga melakukan tindak pidana pemalsuan rekomendasi paspor dinas yang dikeluarkan oleh Konsuler Kementrian Luar Negeri RI.

Pelaku menerima permintaan dari seseorang yang dikenal oleh N bernama S (masih buron) untuk memninta membuatkan paspor dinas atas nama MW dan HY yang mana kedua nama tersebut bukanlah PNS kepada N.

Setelah N menyanggupi untuk membuatkan paspor dinas, N meminta bantuan AS untuk membuatkan paspor dinas atas nama tersebut.

Selanjutnya oleh AS, dokumen serta syarat-syarat pengajuan untuk paspor dinas dipalsukan yang terdiri dari KTP, Kartu Pegawai Negeri dari Badan Kepegawaian Negara yang dituju, Surat Permohonan Paspor Dinas dari Sekretaris Negara dan Exit Permit.

Setelah paspor dinas atas nama MW dan HY tersebut terbit, N menyuruh EP untuk membuat visa tersebut dipalsukan. Dari keterangan N, N memberikan uang sebanyak Rp 6 juta kepada AS untuk pengurusan paspor dinas, dan memberikan Rp 5 juta kepada EP untuk pengurusan visa Amerika Serikat.

Berdasarkan pengakuan H, yang bersangkutan mengurus paspor tersebut untuk mencari pekerjaan di luar negeri. HY mengaku diajak oleh MW untuk bekerja di luar negeri dan telah menyerahkan uang senilai 30 juta kepada S dalam rangka pengurusan paspor tersebut.

Pasal yang disangkakan kepada ketiga pelaku adalah pasal 263 KUHP dan atau pasal 264 KUHP dan atau pasal 266 KUHP dengan ancaman kurungan paling lama 8 tahun penjara.

Leave a Comment