Share

Modus Baru, Curi Motor Gunakan Ujung Arit

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Utara, Senin(18/01/2016).

Tim Resmob Polsek Tanjung Priok, meringkus  pencuri kendaraan bermotor (Curanmor) yang biasa menyasar sepeda motor‎ yang terparkir di pinggir jalan. Dalam aksinya, ketiga pelaku menggasak sepeda motor menggunakan senjata tajam jenis ‘Arit’‎ untuk membobol kunci kontak dalam tempo 30 detik.

Dari tersangka H.A.A, 22 thn, warga Pulomas, Jakarta Timur, K.S , 19 thn warga Cempaka Putih, Jakarta Pusat, A.T.W , 20 thn warga Bentengan Mas Timur, Jakarta Utara disita sepeda motor Satria FU 150 B 6xx3 BMA beserta STNK, sepeda motor Mio biru B 3xx7 TDN, dan sebilah arit.

Kapolsek Tanjung Priok, Kompol TP. Simangunsong, mengatakan ‎ketiga tersangka merupakan kelompok curanmor baru yang menggunakan modus memakai arit dengan ujung agak tumpul untuk membobol kunci kontak sepeda motor. “Arit juga digunakan untuk melumpuhkan korban. Setelah motor hidup langsung dibawa lari dalam waktu kurang dari 30 detik,” kata Simangunsong, didampingi Kanit Reskrim, AKP Tihar.

Ia menjelaskan komplotan tersebut kerap menyasar sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan dan melakukan aksinya pada malam atau dini hari agar tidak diketahui oleh pemilik kendaraan. Simangunsong mengimbau warga Tanjung Priok untuk memarkirkan kendaraan pada tempatnya dan menggunakan kunci tambahan pada sepeda motornya untuk mempersulit pelaku curanmor melakukan aksinya.

A.T.W, mengaku‎ sudah beraksi puluhan kali. “‎Tadi niatnya untuk saya pakai sehari-hari, tapi lama-kelamaan akhirnya saya jual pretelan, harganya Rp 800 ribu untuk bagian mesin matiknya saja,” kata A.T.W.

Hal serupa juga diungkapkan oleh K.S, ia mengaku menjual kembali sepeda motor yang ia curi dengan harga Rp 3-4 juta untuk sepeda motor batangan dan Rp 1-2 juta untuk motor matik dan bebek. ‎”Hasil jual motor saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari mas, soalnya saya masih nganggur dan cuman serabutan sebagai tukang parkir,” ungkap K.S.

Atas tindakan ketiga pelaku, ‎polisi menjerat mereka dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman pidana penjara di atas 5 tahun. (edo)

Leave a Comment