Share

Lewat Toko Online Pelaku S.L Menipu Para Korbannya

BIDHUMAS PMJ – Dit Krimum PMJ, Jumat(08/01/2016).

Penipu spesialis Kaskus dan OLX, S.L (30 thn) beraksi licik untuk menipu korbannya.Sudah empat korbannya melapor ke Polda Metro Jaya usai S.L diringkus di Plaza Senayan pada Senin (4/1/2016), namun, polisi menduga, jumlah korban lebih dari itu, antara 8 sampai 10 orang. Panit IV Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Remond Dias, mengatakan, S.L mengelabui para korbannya dengan cara memanfaatkan kelemahan sistem transfer di rekening BCA.

Setiap menipu, S.L berlagak membeli barang-barang elektronik terutama ponsel yang harganya lebih dari Rp 9 Juta, Setelah itu S.L mengajak korban bertemu dengan lebih dulu mentransfer uang senilai Rp 200.000 sebagai tanda jadi, rupanya setelah itu S.L memodifikasi bukti transfer lewat aplikasi Photoshop yang dimana bukti transfer tersebut dimodifikasi dengan jumlah angka harga barang yang dibeli.

Setelah tiba di lokasi pertemuan, S.L memperlihatkan bukti transfer itu, cerdiknya lagi S.L selalu mengajak korbannya bertemu di rentang waktu antara pukul 21.00 -00.00 Wib, Pada rentang waktu itu, ketika seseorang mengecek ATM BCA, maka transferan uang pasti belum terlihat masuk apabila Sigit mengaku baru mentransfernya pukul 21.00 Wib. Itulah, kata Remond, yang jadi alasan S.L ke korbannya.

Setelah korban percaya, barulah S.L pergi meninggalkan sang korban. Remond mengatakan, S.L juga pintar memilih lokasi. Dia memilih lokasi parkir yang tak ada secure parkingnya dan selalu diantar rekannya setiap bertransaksi. Sehingga bisa lekas kabur apabila korbannya cepat sadar. (edo)

Leave a Comment