Share

KAPOLSEK HADIRKAN SELURUH PEJABAT POLSEK DI RT.08/05 LENTENG AGUNG

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Minggu (10/01/2016).

Menindaklanjuti undangan warga RT.08/05 Kel Lenteng Agung, “Bak Gayung bersambut, Pucuk di cinta ulam pun tiba” artinya, setelah selama 9 Bulan dinas di Polsek Jagakarsa Kompol Sri Bhayakari, SH.MH., sudah mempelajari Karakteristik wilayah Hukum Polsek Jagakarsa, dan dalam pengamatan beliau ada beberapa titik wilayah yang menjadi perhatian beliau salah satunya adalah Wilayah Lenteng Agung dimana kehidupan dan aktivitas warga disana hampir 24 Jam dengan berbagai kegiatan terutama aktivitas anak mudanya yang kalau tidak dilakukan langkah pre emtive dan Preventif akan berpotensi terganggunya situasi Kamtibmas yang Kondusif yang selama ini dipertahankan.

Maka menyikapi hal tersebut, pada hari Sabtu 9 Januari 2016, Pukul 20.00 S.d 22.15 Wib, untuk mendengar langsung aspirasi dan informasi dari masyarakat, Kapolsek Jagakarsa hadir dengan mengajak seluruh Pejabat Polsek mulai dari Bhabinkamtibmas/Bhapulbaket Kelurahan Lenteng Agung, Kasi, Kapolsubsektor, Kanit dan Wakapolsek hadir di arisan Warga RT.08/05 Kelurahan Lenteng Agung Kediaman Bpk. Hasan yang dihadiri oleh ketua RT.08, ketua RW 05, LMK Kelurahan Lenteng Agung serta Warga yang terdiri dari Ibu-ibu, Bapak-bapak serta remaja karang taruna yang berjumlah sekitar 40 Warga.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek dalam sambutannya menyampaikan banyak hal tentang Kamtibmas yang terkait dengan:
1. Bahaya narkoba agar orang tua mengecek tas sekolah anaknya barangkali ada barang yang berbahaya.
2. Tawuran/Trek-trekan kepada orang tua agar peduli dengan anak anaknya dengan cara mengetahui anak diluar berada dimana dan bergaul dengan siapa.
3. Tertib berlalulintas, Kapolsek menyampaikan bahwa di Polsek Jagakarsa sudah diberlakukan tertib helm.
4. Menindaklanjuti keluhan warga, Polsek Jagakarsa sekarang ini sedang gencar menertibkan sepeda motor yang knalpot di bobok sehingga suaranya bising kalau kedapatan akan diamankan.
5. Trek-trekan agar orang tua awasi anaknya jangan ikutan dan menonton trek2an
5. Kenakalan Remaja, dan peredaran miras/Pekat, KDRT serta maraknya Curat, Curas dan Curanmor.
6. Tertib berlalulintas jangan melawan arus, lengkapi surat-surat kendaraannya.

Selesai sambutan dari Kapolsek, dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan Warga, dalam dialog tersebut banyak hal yang muncul dari masyarakat berupa informasi dan aspirasi dari warga masyarakat, diantaranya adalah keinginan warga RW.05 untuk bisa bersama-sama Pihak Kepolisan menjaga Kamtibmas dengan aktif di Pokdar Kamtibmas.

Selanjutnya dari warga mengharapkan aplikasi dari pertemuan ini adanya komunikasi yang berkelanjutan terutama dalam menyikapi permasalahan warga sekiranya bisa diselesaikan secara kekeluargaan di lingkungan sendiri dengan menghadirkan pihak kepolisian dilingkungan RW.05.

Selain itu warga juga menyampaikan informasi adanya praktek panti pijat yang tidak sesuai fungsinya.
Harapan dan pertanyaan warga tersebut langsung dijawab oleh Kapolsek dengan taktis dan lugas dengan tidak meninggalkan khasnya Kapolsek Guyonannya, sehingga suasana terasa hidup dan kebersamaan antara Polisi dengan masyarakat itu terasa.

Salah satu yang akan dilakukan oleh Kapolsek adalah rencana sosialisasi tentang bahaya narkoba dan terakhir kapolsek memberikan nomor telpon yang bisa dihubungi oleh warga yaitu nomor telpon Bhabinkamtibmas dan Nomor telpon kapolsek sendiri, sehingga warga bisa langsung bertanya dan memberikan Informasi langsung kepada Pihak Kepolisian.

Untuk itu Kapolsek menghimbauan kepada warga untuk bisa berpartisipasi dalam menjaga Kamtibmas dengan cara aktif memberikan Informasi kepada Pihak Kepolisian terhadap potensi gangguan Kamtibmas yang terjadi dilingkungannya. (sov)

Leave a Comment