Share

Kapal Pengangkut BBM Solar Diamankan Petugas Kepolisian Subdit 3 Sumdaling Dit Reskrimsus PMJ

BID HUMAS PMJ – Rabu (20/01/2016) Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya pada hari Selasa 19 Januari 2016, unit 3 Subdit Sumdaling Dit Reskrimsus telah melakukan penindakan terhadap Dua (2) unit Kapal di antaranya “Kapal Eka Jaya dan Kapal panta” yang melakukan tindak pidana menampung, mengangkut dan meniagakan BBM Solar Tanpa Izin. Hal ini diketahui berkat informasi dari masyarakat yang melihat kegiatan yang mencurigakan dari kapal-kapal tersebut.

Dari penindakan tersebut diketahui :
PELAKU WA sebagai pemilik kapal, DA sebagai sopir kapal, WA sebagai sopir kapal, YA sebagai pesuruh di kapal, KUS sebagai pesuruh di kapal. Dalam menjalankan aksinya tersangka tersebut menggunkan Kapal untuk menyimpan, mengangkut dan meniagakan bahan bakar jenis solar tanpa memiliki ijin yang sah. Solar di dapat dari pengepul (kencingan) kapal tangker maupun kapal tugboat dengan harga beli Rp. 4.700 dan dijual Rp. 5.300 per liter.

dari pengungkapan tersebut petugas menyita
a. 1 kapal EKA JAYA
b. 1 kapal PANTA (sedang dok )
c. BBM jenis solar sekitar 10 TON dan 2 kempu isi sekitar 1 TON total sekitar 11 TON
d. 1 buah alkon
e. 2 buah fuel litre ( alat pengukur jumlah bahan bakar )
f. 2 buah drum kosong ukuran 200 liter
g. 5 jerigen kosong ukuran 30 liter.

dalam pengungkapan ini tersangka harus mempertanggung jawabkan perbuatanya dan di kenakan Pasal 23 jo Pasal 53 huruf b,c, dan d UU RI No. 22 th 2001 tentang Minyak Bumi dan Gas. Dengan ancaman hukuman 4 tahun dan denda maksimal 40 Miliar.
Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan serta penegakkan hukum sehingga tidak ada lagi yang akan bermain curang dalam menetapkan tarip bahan bakar minyak bumi. (egs)

Leave a Comment