Share

3 Pilar kel.Tanjung Duren Selatan Jakarta Barat bersinergitas jaga Kamtibmas

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Barat, Selasa(26/01/2016).

Untuk mengantisipasi tawuran antar pelajar dan tawuran antar masyarakata di wilayah Kota Jakarta Barat, pihak Kepolisian punya cara khususnya dengan cara penguatan tiga pilar (3-P) yakni pilar lurah, babinsa dan babinkamtibmas.

Giat tersebut bersama Kasie Pemerintahan dan Ketertiban Bpk.Noveri, Bhabinkamtibmas Aiptu Aris Mulato, Babinsa Serka Eko dan petugas satpol PP.

“Penguatan tiga pilar itu juga sebagai tonggak keutuhan bangsa. Keberadaanya pun sangat menentukan aman-tidaknya suatu wilayah, sehingga diperlukan penguatan dan koordinasi dalam rangka menguatkan peran tiga pilar, di Kantor kel. Tanjung Duren Selatan, Selasa (26/01/2016).

Lebih jauh dijelaskan olehnya, lurah adalah kekuatan di sektor masyarakat, sedangkan babinsa merupakan bintara pembina desa dari sektor TNI, dan babinkamtibnas adalah bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat dari sektor Polri.

“Penguatan tiga pilar harus disertai dengan penghargaan dari pemerintah daerah apabila ketiganya mampu bekerja dengan baik dalam menjalin keamanan masyarakat,” katanya. Namun, apabila tiga pilar itu tidak mampu bekerja sama dan menjalin koordinasi yang baik perlu diberikan hukuman dengan melakukan evaluasi secara rutin setiap bulan.

“Diperlukan evaluasi tiga pilar itu setiap bulan, namun apabila mereka mampu bekerja dengan baik ya sepatutnya pemerintah memberikan “reward”, sedangkan apabila melakukan kesalahan tentunya juga harus diberikan “punishment”.

Apabila tiga pilar itu mampu bekerja secara baik, secara tidak langsung akan menekan angka kriminalitas di wilayah paling bawah, yakni tingkat kelurahan hingga kecamatan, khususnya masalah seperti tawuran antar pelajar atau antarwarga. (edo)

Leave a Comment